5 Tahapan dalam Proses Cetak Buku Cepat Murah Jakarta


Cetak buku cepat murah Jakarta banyak dibutuhkan oleh para penerbit. Terutama bagi mereka yang perlu mencetak buku dalam skala besar. Maka penting untuk memilih penyedia jasa agar hasil cetakannya lebih berkualitas.

Lantaran proses pencetakan sebuah buku dilakukan melalui berbagai tahapan. Pada setiap tahapannya dibutuhkan tenaga profesional dan peralatan berteknologi tinggi supaya bisa menciptakan hasil cetakan terbaik.

Tahapan dalam Proses Cetak Buku Cepat Murah Jakarta

Proses cetak buku tidaklah mudah karena harus melewati tahapan-tahapan untuk mendapatkan cetakan yang maksimal. Simak beberapa tahapan dalam mencetak buku pada pembahasan di bawah ini.

1.     Typesetting

Pertama adalah typesetting yang termasuk dalam tahapan awal untuk memproduksi sebuah buku. Tahapan ini dilakukan untuk menyesuaikan tulisan maupun gambar dengan warna pada produk asli. Penyedia jasa biasanya menggunakan alat khusus agar hasil warnanya lebih mencolok.

Selain itu dibutuhkan juga perangkat komputer untuk membantu membuat salinan buku yang kualitasnya lebih baik. Selama proses typesetting biasanya akan dilakukan penyuntingan pada beberapa bagian yang kurang sesuai.

Costumer juga diperbolehkan untuk ikut menyunting atau menambahkan permintaan berdasarkan keinginan masing-masing. Terlebih untuk customer yang menggunakan teknik digital printing dalam proses pencetakan bukunya.

2.     Image Assembly


Cetak buku cepat murah Jakarta wajib melalui tahapan image assembly. Pada tahapan tersebut biasanya petugas akan mengatur gambar agar terlihat bagus dan proporsional ketika dicetak. Maka dari itu dibutuhkan ketelitian untuk mencegah hasil gambar yang kurang pas.

Gambar yang ingin dicetak wajib diatur sesuai dengan permintaan customer dan ukuran kertas, sehingga hasilnya jadi maksimal. Dalam pengaturan gambar ini dibutuhkan bantuan dari teknologi komputer dan software tertentu.

3.     Platemaking

Selanjutnya ada platemaking untuk membuat plat gambar sebelum memasuki proses pencetakan. Tahapan ini sangat penting karena harus menghasilkan gambar yang berkualitas dengan warna dan bentuk sejelas mungkin.

Terlebih jika customer memberikan permintaan khusus yang harus dituruti supaya hasilnya lebih memuaskan. Dalam proses ini, petugas perlu berusaha dengan maksimal karena dapat berpengaruh besar pada hasil cetakan.

Dibutuhkan juga penggunaan alat berteknologi canggih agar bisa menghasilkan corak dan tone warna yang punya kualitas tertinggi. Bentuk gambar juga harus terlihat jelas dan sesuai dengan porsi tulisan yang ingin dimuat.

4.     Printing Presses


Masuk ke tahapan inti, yaitu printing presses untuk mencetak setiap halaman buku. Kumpulan gambar dan tulisan yang sudah diproses tadi akan dimasukkan ke dalam mesin cetak. Tunggu dalam beberapa waktu dan buku selesai dicetak.

Agar hasilnya lebih optimal, petugas biasanya sudah mempersiapkan banyak kertas sesuai dengan jumlah halaman buku. Sedangkan customer juga telah memilih jenis kertas yang ingin digunakan pada setiap halaman bukunya.

5.     Penjilidan dan Finishing

Penjilidan merupakan tahap akhir dalam proses mencetak buku. Dalam tahapan ini, semua halaman yang sudah dicetak akan disatukan untuk menghasilkan sebuah buku utuh. Penyedia jasa akan mengumpulkan lembaran sesuai urutan halaman yang sudah diberikan sebelumnya.

Jenis penjilidan juga ada bermacam-macam, mulai dari laminating dengan cover plastik, soft cover, hingga hard cover. Material yang digunakan juga berbeda, sesuai dengan permintaan dari setiap customer.

Tak sampai di situ, bisa juga ditambahkan dengan tahap finishing. Di mana pada proses finishing ini biasanya diberikan tambahan tekstur dan desain untuk membuat tampilan buku jadi semakin menarik.

Jika sedang mencari cetak buku cepat murah Jakarta, sebaiknya ada pilih layanan yang ditawarkan oleh Icon Printings. Kami juga menyediakan berbagai layanan percetakan lainnya, seperti banner, spanduk, brosur, dan lain-lain.


Jika Saudara/i berminat dengan pelayanan dan jasa kami, jangan sungkan untuk hanya sekedar bertanya. Anda bisa menghubungi kami pada kontak di bawah ini : 

Nama Toko         : Berkah Digital Printing
Nama Website    : https://iconprintings.com
Email                   : berkahcawang21@gmail.com
Alamat                 : Jl. Dewi Sartika no. 233, Cawang – Jakarta Timur ( Seberang RSUD Budi Asih Cawang )
HP / WA               : 081390212009

Deskripsi : Untuk Jasa tempat cetak buku cepat murah 24 jam Jakarta yang bisa Anda percayakan kepada Digital24jam.com. Proses cepat dan tentunya bisa anda tunggu, dengan harga bersaing dan sangat bersahabat.


Posting Komentar